Jumat, 01 Oktober 2010

18 masalah pada jasmani diri seseorang



Mengapa saya memiliki unibrow?

Bukan rahasia lagi bahwa beberapa anak perempuan memiliki rambut berlebihan di antara kedua alisnya, juga di atas bibir atau di dagu. Kadangkala, ini bisa jadi pertanda kondisi medis, seperti polycystic ovary syndrome. Tetapi lebih sering, hanya masalah genetik. Mencabut, wax atau secara teratur menggunakan krim obat penghilang rambut dapat membantu. Laser penghilang rambut dan electrolysis adalah solusi jangka panjang.



Adakah cara membuang selulit?

Tak seorang wanitapun yang ingin bokongnya dibandingkan dengan keju lembut. Sayangnya, sejenis lemak yang disebut selulit dapat menciptakan kulit berlesung pada bokong, pinggul dan paha. Berolahraga untuk mengurangi lemak yang berlebihan dapat membantu. Para dokter mempertanyakan nilai dari krim-krim selulit, tetapi krim yang mengandung kafein bisa menawarkan perbaikan jangka pendek. Beberapa prosedur kosmetik juga menargetkan selulit.



Mengapa pipi saya sering memerah?

Kebanyakan orang memerah karena hal tertentu, terutama saat merasa malu. Tetapi jika bercak merah muncul secara acak pada pipi, dahi atau dagu, rosacea dapat dipersalahkan. Kondisi kulit yang kronik ini dapat diobati dengan pil dan/atau krim. Sering memerah diikuti dengan jantung berdebar-debar sepanjang situasi-situasi sosial bisa jadi pertanda gangguan kecemasan sosial.



Bukankah saya terlalu mudah untuk ubanan?

Jika anda belum mencapai usia 40 tahun dan separuh dari rambut anda sudah putih, anda mengalami uban prematur. Dalam beberapa kasus, ini bisa jadi pertanda gangguan tiroid atau pigmen. Tetapi kebanyakan, anda dapat berterimakasih kepada orangtua anda untuk gen-gen beruban ini. Untungnya, ubanan lebih awal ini tidak berarti tubuh anda menua lebih cepat dibandingkan orang lain.



Apakah itu jerawat di bokong?

Mungkin bukan. Benjolan-benjolan kecil warna putih atau merah pada bokong lebih berkemungkinan besar keratosis pilaris. Ini adalah kondisi kulit yang tidak berbahaya yang juga dapat muncul di punggung, pipi, lengan bagian atas dan paha. Kondisi ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun tetapi cenderung menghilang secara perlahan-lahan di usia 30 tahun. Sampai saat itu tiba, memberikan pelembab secara intensif dapat membantu mengurangi kondisi ini.



Bagaimana saya bisa mendapat stretch mark?

Saat kulit tertarik akibat kehamilan, kenaikan berat badan atau penurunan berat badan ekstrim, regangan kulit ini bisa menciptakan bekas. Stretch mark biasanya berwarna merah atau ungu, kemudian memudar menjadi putih berkilau. Mereka biasanya timbul pada bagian perut, paha, pinggul, payudara dan punggung bagian bawah. Bekas ini dapat dikurangi dengan pengelupasan kimiawi atau operasi laser. Losion dan krim biasanya hanya memberikan sedikit manfaat.



Mengapa saya memiliki bau nafas?

Anda menggosok gigi anda 2 kali sehari dan menggunakan benang floss setiap hari, tetap anda masih memiliki rasa tak enak di mulut anda -- ini pertanda bau nafas. Penyebabnya bisa jadi penyakit gusi, acid reflux, mulut kering atau bahkan penyakit sinus. Tetapi lebih berkemungkinan besar, makanan anda penyebabnya. Pasta gigi tidak cocok untuk tumpukan bawang merah dan bawang putih. Lihatlah apakah menghindari makanan tersebut membantu. Jika tidak, periksalah ke dokter gigi anda.



Apa yang membuat gigi saya gelap?

Jika anda minum kopi, teh, minuman soda berwarna gelap atau anggur merah, maka itulah jawabannya. Merokok dan beberapa obat-obatan juga menghitamkan gigi. Langkah pertama agar gigi anda lebih putih adalah menggosok dan memakai benang floss secara teratur untuk menghilangkan zat-zat yang menodai gigi. Sistim pemutih gigi, dari gel yang dijual bebas sampai ke dokter gigi untuk memutihkan, juga dapat membantu.



Bagaimana saya bisa melunakkan kaki yang kapalan?

Kapalan biasa terjadi pada bagian tumit pada kaki. Lapisan kulit mati yang tebal yang ada di sana melindungi kaki anda dari tekanan saat melangkah. Tetapi anda mungkin tidak menyukai tampilannya yang kasar dan kekuning-kuningan pada tumit yang mengintip keluar dari sandal anda. Merendam kaki anda dalam air panas dan menyikatnya dengan batu apung dapat menghilangkan beberapa kulit mati.



Mengapa kuku saya pecah dan robek?

Jika tangan anda sering terekspos dengan air atau sabun keras, kuku anda cenderung menjadi pecah, terkelupas atau menjadi rapuh. Gunakan pelembab dan melindungi tangan anda dari air dapat membantu. Jika kuku-kukunya kuning atau putih selain pecah dan hancur, infeksi jamur dapat menjadi penyebabnya. Ada krim anti jamur, tetapi seringkali tidak bekerja. Anda mungkin memerlukan pil yang diresepkan dari dokter anda untuk menyembuhkan infeksi tersebut.



Mengapa saya berkeringat berlebihan?

Tujuan dari berkeringat adalah untuk mendinginkan tubuh anda. Jika anda cenderung berkeringat di saat tidak seharusnya berkeringat -- misalnya, saat duduk dengan tenang di ruangan sejuk -- anda mungkin mengalami hyperhidrosis. Kondisi ini mengganggu tetapi keringat berlebihan di bawah ketiak, telapak tangan dan kaki ini tidak berbahaya. Kecuali sangat ringan, antiperspirant yang diresepkan, pil dan bahkan Botox mungkin diperlukan untuk meredakan keringat.



Tolong, rambut saya rontok!

Kerontokan rambut pada wanita lebih umum dari yang anda kira. Di usia 40, 40% wanita terlihat memiliki rambut rontok. Penyebab yang paling umum adalah hormonal atau masalah tiroid, kehamilan, obat-obat tertentu, dan ketidakseimbangan hormon. Rambut rontok yang parah dapat diobati dengan menstimulasi pertumbuhan rambut atau pil-pil yang ditujukan untuk masalah-masalah hormon.



Mengapa kaki saya bau?

Meskipun anda mandi dengan teratur, kaki yang bau bisa mengganggu. Telapak kaki merupakan tempat nongkrong favorit bakteri-bakteri penyebab bau kaki. Saat keringat bercampur dengan bakteri, anda mencium bau kaki yang sudah tidak asing lagi. Jaga kaki tetap kering dan hindari sepatu yang dapat membuat kaki anda berkeringat. Cuci kaus kaki anda setelah setiap kali pemakaian. Jika sepatu anda berbau, cobalah pewangi.



Bagaimana saya bisa memperlembut bibir pecah-pecah?

Saat udara kering menyebabkan bibir dehidrasi, menimbulkan retak-retak kecil. Ini dapat membuat bibir sensitif dan tidak enak dilihat. Untuk membalikkan kerusakan, jangan menjilat bibir anda, karena hanya menyebabkan lebih dehidrasi. Sebaiknya, gunakan lip balm yang dibuat dari vaseline, castor seed oil atau shea butter. Lip balm ini melembabkan dan melindungi bibir dari unsur-unsur yang menyebabkan bibir pecah-pecah. Dan carilah yang mengandung SPF15. Sinar matahari yang merusakkan dapat lebih mengeringkan bibir anda.



Mengapa saya memiliki spider veins?

Apakah anda seorang guru, perawat atau petugas penjualan? Wanita yang pekerjaan mereka menuntut mereka untuk berdiri lebih berkemungkinan besar mengembangkan spider veins (gurat-gurat darah halus yang bentuknya mirip jaring laba-laba). Obesitas, kehamilan dan genetik juga meningkatkan resiko anda. Spider veins biasanya tidak memerlukan pengobatan, tetapi beberapa wanita memilih untuk menghilangkannya untuk alasan kecantikan. Satu prosedur yang efektif adalah sclerotherapy, dimana pembuluh darah disuntik dengan cairan garam atau kimiawi untuk membuat spider vein menghilang secara perlahan-lahan.



Haruskah saya khawatir akan skin tag?

Skin tag adalah jaringan kulit berbentuk bola-bola yang sangat kecil yang tumbuh di sepanjang leher, dada, punggung dan ketiak. Mereka lebih umum terdapat pada para wanita dan orang tua. Meskipun mereka kadang-kadang mengganggu, skin tag tidak berbahaya. Jika penampilan skin tag menganggu anda, seorang ahli dermatologi dapat menghilangkannya dengan gunting atau membekukan mereka.



Apa yang membuat leher saya tampak tua begitu cepat?

Jika anda kehilangan banyak berat badan, anda mungkin memiliki kelebihan kulit yang menggantung di sekitar leher. Dan jika otot leher anda tumbuh melemah, anda mungkin memiliki kerah-kerah, yang kadangkala disebut sebagai "gelambir kalkun". Akibatnya, leher anda bisa terlihat lebih tua dari wajah anda. Suntikan botox dapat mengurangi kerah-kerah tersebut. Untuk perubahan yang lebih dramatis, pengangkatan kulit leher juga sebuah pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar